Kamis, 20 November 2014

Inspirasi Sukses Bisnis Kaos Kaki

kotabontang.net - Dalam keadaan terburu-buru, kerap kali kita salah mengambil pasangan kaus kaki. Warna mungkin sama terang, tapi begitu diteliti motifnya berbeda. Kejadian itu bisa memalukan dan tak tertutup kemungkinan jadi bahan olok-olok.

Tetapi, ternyata, itu bisa jadi ide bisnis yang brilian. Tengok pengalaman dua sekawan ini. Suatu kali Arielle Eckstut dan Jonah Staw makan malam di suatu kesempatan pada tahun 2003. Habis makan mereka bergurau. Menjelang pulang, Staw kehilangan sebelah kaus kakinya (karena selama makan mereka melepas kaus kaki). Namun ia menemukan kaos kaki lain yang berbeda motif.
Lama mereka mencari ke mana kaus kaki Staw perginya, namun tak juga ketemu. Satu-satunya solusi adalah memakai kaus kaki itu kendatipun motifnya beda.

Kreativitas Menghasilkan Ide
Sampai di rumah Staw masih memikirkan kaus kaki berbeda motif itu. Ia malah membayangkan seorang gadis kecil memakai kaus kaki berbeda motif kiri-kanan dengan gayanya. "Ini soal kreativitas, bukan soal no matching dan lucunya kombinasi itu," ujarnya.

Dari situlah ide memasarkan missmatched socks (kaus kaki kiri-kanan beda) muncul. Lalu bersama seorang teman lainnya, Jason Dorf, ketiganya merealisasikan ide itu dengan mendirikan LittleMissMatched. Melalui perusahaan ini mereka menjual kaus kaki dalam kemasan 3 kaus kaki (bukan sepasang) dan tujuh kaus kaki sehingga memudahkan pembeli mengganti-ganti pasangannya kala memakainya. Pada saat itu mereka sudah membuat 134 desain. Mereka memasarkan kaus kaki itu untuk anak perempuan usia 8-14 tahun.

Pada tahun pertama, kaus kaki dagangan mereka terjual laris manis. Staw bersama Rckstut dan Dorf bahkan bisa membukukan omset hingga 5 juta dollar AS. Tiga tahun kemudian omsetnya bisa mencapai 25 juta dolar AS. Sekarang, mereka tak hanya menjual kaus kaki. Mereka sudah menjual aneka produk mulai dari kaus kaki, sandal, hingga sprei. Sekarang barang-barangnya tersebar di lebih 3000 outlet di Amerika Serikat.

Hmmm, siapa sangka, kaus kaki tertukar bisa menghasilkan bisnis besar? Mudah-mudahan tulisan ini bisa memacu ide, semangat, dan kreativitas Anda.

Previous
Next Post »