Jumat, 22 April 2016

Terkadang Diremehkan tapi Makanan ini Menjauhkan Anda dari Kanker


Fitokimia merupakan berbagai jenis nutrisi yang dapat ditemukan di dalam berbagai jenis tanaman. Beberapa jenis fitokimia telah diketahui dapat membantu melawan kanker dan mencegah kekambuhan kanker. Di bawah ini terdapat beberapa contoh fitokimia tersebut.
Kedelai
Kedelai mengandung fitoestrogen, yang hampir sama dengan hormon estrogen di dalam tubuh. Jadi semua produk kedelai seperti tahu, tempek, susu kacang, dan sup miso juga mengandung fitoestrogen.
Beberapa peneliti menduga bahwa fitoestrogen ini dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara yang berespon positif terhadap hormon estrogen (membutuhkan hormon estrogen untuk bertumbuh).
Akan tetapi, karena konsumsi kedelai dapat mengganggu beberapa jenis pengobatan atau terapi hormon, maka dianjurkan agar Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mulai mengkonsumsi kedelai secara teratur setiap harinya.
Berbagai Antioksidan
Berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan merupakan beberapa jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan. Beberapa makanan yang mengandung banyak antioksidan adalah brokoli, hati, dan manga. Antioksidan merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk melindungi berbagai sel dari kerusakan.
Beta Karoten
Beberapa jenis makanan yang mengandung beta karoten adalah wortel, aprikot, ubi rambat, serta berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang berwarna oranye. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi beta karoten dapat membantu menurunkan resiko kematian akibat kanker payudara.
Likopen
Likopen merupakan zat yang membuat tomat memiliki warna merah dan buah naga memiliki warna pink keunguannya. Likopen juga dapat membantu mencegah kambuhnya kanker payudara.
Di bawah ini terdapat beberapa hal yang perlu Anda konsumsi dan Anda hindari untuk membantu melindungi diri Anda dari kanker seperti:
- Konsumsilah berbagai jenis protein rendah lemak seperti ayam panggang dan ikan panggang. Hindarilah berbagai jenis makanan yang mengandung banyak lemak seperti steak, bebek, sosis, atau daging tinggi lemak
- Konsumsilah 5 porsi sayuran dan buah setiap harinya
- Hindari konsumsi berbagai jenis daging olahan yang telah banyak dihubungkan dengan terjadinya kanker seperti bacon, bologna, sosis, ham, dan daging asap
- Konsumsilah makanan yang mengandung gandum seperti roti gandum dan beras coklat
- Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Batasi konsumsi minuman beralkohol Anda agar tidak lebih dari 1-2 gelas setiap harinya.

Previous
Next Post »